Persiapan Kuliah

Apakah Kuliah Setiap Hari? Lihat Perbedaan Saat Kamu Sekolah dengan Kuliah

Ada pertanyaan kek gini..apakah kuliah setiap hari? Kalian sebagai Maba dengan cepat kami jawab..tepat sekali..

Afa iyah?

Lhoo.. sabar ya.. karena di dalam artikel ini akan kami kasih penjelasan, tentang waktu kuliah dalam seminggu dan perbedaannya dari pas kamu waktu sekolah dulu.

Setelah lulus dari bangku SMA nih ceritanya, biasanya melanjutkan kuliah adalah idaman bagi setiap orang.

Meski terdengar mengasyikkan, ternyata menjadi mahasiswa gak semudah itu lhoo…

Apalagi kayak sinetron yang biasa kamu tonton di TV. Lho Gak Bahaya Ta?…

Soalnya dijenjang perkuliahan nanti, kamu harus belajar beradaptasi dengan peralihan dari remaja menuju dewasa yang sesungguhnya. Karena umumnya, kedua peralihan tersebut sangat berbeda. Berikut ini penjelasannya.

Apakah Kuliah Setiap Hari Lihat Perbedaan Saat Kamu Sekolah dengan Kuliah
Masa-Masa SMA Memang Menyenangkan Sih..

Lamanya Waktu Belajar

Saat di sekolah kamu sebelumnya, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah ditentukan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kamu diharuskan berada di sekolah mulai dari pukul 7 sampai pukul 3 sore atau hingga pukul 5 sore bagi yang fullday school. Sedangkan saat di kampus, waktu belajarmu akan lebih fleksibel tergantung kelas mana dan mata kuliah apa saja yang kamu ambil di semester tersebut. Terkadang, ada kelas yang jadwal kuliahnya dimulai pukul 1 siang dan selesai pukul 5 sore. Jadwal mata pelajaran tersebut biasanya akan berbeda-beda setiap kampus, fakultas, bahkan jurusan. Jadi, biasakan dari sekarang ya.

Pakaian yang Dikenakan

Perbedaan yang paling mencolok antara siswa dan mahasiswa adalah dari segi pakaian yang dikenakan. Saat sekolah, kamu diwajibkan memakai seragam yang sudah ditentukan mulai dari hari senin sampai jumat. Sedangkan saat di kampus kamu bebas memakai pakaian apapun asalkan sopan. Namun, untuk beberapa kampus kedinasan dan akademi, seperti Sekolah Tinggi Akuntasi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), dan Akademi Militer (AKMIL) akan mewajibkan mahasiswanya memakai seragam sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penyebutan Tenaga Pengajar

Di sekolah, kamu punya guru sebagai pengajar, sedangkan ketika kuliah kamu menyebut istilah guru dengan dosen. Nggak hanya berbeda istilahnya saja, saat di sekolah guru akan membimbing, mengarahkan, melatih, dan mengajari kamu sampai benar-benar paham pada materi yang diajarkan.

Berbeda dengan kuliah, meskipun tugas utamanya adalah mengajar, namun dosen akan lebih cenderung menjadi fasilitator. Dosen hanya membimbing kamu dalam mempelajari setiap materi yang diberikan. Jadi, untuk lebih memahami materi tersebut, kamu juga harus lebih aktif bertanya dan mencatat saat perkuliahan berlangsung ya.

Baca Juga:  7 Perlengkapan Kuliah Maba yang Wajib Maba Ketahui! Catat Ya..

Penyebutan Mata Pelajaran

Di sekolah, kamu mengenal istilah mata pelajaran, berbeda dengan kuliah kamu akan menyebut mata pelajaran sebagai mata kuliah. Tak hanya berbeda di istilahnya saja, mata pelajaran dan mata kuliah itu memang berbeda ya.

Kalau mata pelajaran di sekolah tiap tahun akan sama, misalnya kelas 10 kamu dapat mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa inggris, dan Matematika, nah di kelas 11 kamu juga akan mendapat mata pelajaran tersebut namun dengan topik bahasan yang berbeda.

Sedangkan mata kuliah hanya diambil satu kali saja dan harus kamu diselesaikan selama satu semester. Jadi, mata kuliah semester ini dengan semester berikutnya akan selalu berbeda.

Mata kuliah sendiri akan dibedakan menjadi dua, ada yang namanya mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Mata kuliah wajib ini harus kamu ambil dalam satu semester sebagai syarat terselesaikannya kuliah kamu, sedangkan mata kuliah pilihan biasanya diambil sesuai dengan peminatan kamu.

Di mata kuliah ini kamu juga akan mengenal istilah SKS atau Satuan Kredit Semester. Dengan SKS, kamu berhak menentukan mata kuliah apa saja yang mau kamu ambil di setiap semester.

Referensi Sumber Belajar

Saat di sekolah, guru sudah menentukan buku apa saja yang akan digunakan untuk setiap mata pelajaran. Nah, saat kuliah, kamu akan diberi satu buku acuan yang bisa kamu beli sendiri, atau pinjam dari perpustakaan. Namun, tak cukup satu buku acuan saja, ternyata dosen juga akan menuntut kamu mencari sumber belajar lain yang lebih banyak lho. Eitss…Tapi kamu juga harus lebih kritis dan teliti ya saat memilih sumber belajar mana yang akan kamu gunakan.

Proses Sistem Penilaian

Sistem penilaian di sekolah biasanya berada di rentangan 0-10 atau 0-100. Tetapi tak jarang ada juga beberapa sekolah yang menggunakan angka sebagai sistem penilaian. Sedangkan saat kuliah, sistem penilaian untuk nilai tugas dan nilai ujian biasanya pada rentangan 0-100, lalu diakumulasikan menjadi nilai huruf dari A hingga E. Baru setelah itu, nilai tersebut akan dikonversi menjadi angka atau disebut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).

Kegiatan Saat Healing

Karena saat sekolah kamu belum ada tuntutan akademik yang macam-macam, jadi biasanya kamu akan menggunakan waktu liburan sepenuhnya untuk berlibur. Berbeda dengan kuliah, durasi libur semester memang lebih panjang sih daripada libur sekolah. Namun, bukan berarti durasi yang panjang itu bisa kamu gunakan untuk bersantai ya. Lantaran kebijakan kuliah terkadang lumayan ribet, tak jarang, waktu libur kuliah yang diberikan itu habis untuk daftar ulang, mengulang mata kuliah yang nggak lulus, bahkan magang di perusahaan. Karena biasanya di perkuliahan, magang juga menjadi salah satu syarat kelulusan, lho.

Baca Juga:  7 Perlengkapan Kuliah Maba yang Wajib Maba Ketahui! Catat Ya..

Istilah Ujian Kelulusan

Pada umumnya di sekolah ujian kelulusan akan dilakukan secara tertulis atau online, seperti UNBK, UTBK, PTS, dan PAS, dengan materi yang sama walaupun kode soalnya berbeda-beda. Nah, materi ujian tersebut terkadang sudah ada di buku. Jadi, kamu hanya tinggal membaca dan berlatih latihan soal-soalnya saja. Nggak jarang ada beberapa guru yang memberikan kisi-kisi jauh sebelum ujian dilaksanakan.

Berbeda dengan saat kuliah, kamu pasti udah nggak asing lagi dengan istilah skripsi dan tugas akhir. Yapp, sebagai syarat kelulusan umumnya kamu harus mengerjakan skripsi/tugas akhir terlebih dahulu yaa. Topik dan judul skripsi/tugas akhir ini akan berbeda-beda lho antar mahasiswa. Saat mengerjakan skripsi/tugas akhir kamu dituntut lebih mandiri dan bertanggung jawab, karena kamu sendirilah yang akan menentukan kapan skripsi/TA-mu ini selesai.

Apakah Kuliah Setiap Hari Lihat Perbedaan Saat Kamu Sekolah dengan Kuliah
Semoga Bisa Lulus Tepat Waktu ya… Amin..

Itulah beberapa jawaban atas pertanyaan kamu tentang apakah kuliah setiap hari? Dari perbedaan antara sekolah dan kuliah yang telah kami jabarkan. Pada intinya, semakin kamu dewasa maka kamu akan memiliki peran yang lebih besar dalam mengatur kehidupan. Saat kuliah kamu memang lebih bebas dibanding saat sekolah, tapi disitulah tantangannya. Kamu akan dituntut belajar bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin agar lulus tepat waktu.

FAQ Tentang Apakah Kuliah Setiap Hari?

Berapa lama waktu kuliah?

Jenjang perkuliahan S1 (Program Sarjana) umumnya memiliki beban studi sebanyak 144 SKS. Dimana mahasiswa normalnya dapat menempuh pendidikan sarjana selama 8 semester atau ditempuh selama 4 tahun. Durasi ini juga berlaku pada program Diploma Empat (D4) atau Sarjana Terapan.

Kuliah pagi dari jam berapa sampai jam berapa?

Mahasiswa diharuskan untuk bangun pagi cepat cepat, dan pastinya harus dengan lembaran tugas yang harus di kumpul, kuliah pagi namanya, yakni jam 8- 11.30 kisaran waktunya dan biasanya kuliah pagi ini akan memiliki dampak yang banyak (studi kasusnya mayoritas adalah mahasiswa laki laki tentunya).

Apakah kuliah ada tugas?

Tugas kuliah yang pasti ada dan akan dihadapi mahasiwa di semester 1-5 adalah makalah. Makalah adalah tulisan ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa untuk menjelaskan, menganalisis, atau mengevaluasi suatu topik yang relevan dengan materi perkuliahan. Dalam beberapa mata kuliah tertentu, makalah bisa sederhana.

Apakah kuliah reguler setiap hari?

Kuliah reguler atau program kelas reguler ini biasanya memiliki hari dan jam kuliah yang lebih panjang atau lebih lama, tergantung perguruan tinggi masing-masing. Beberapa perguruan tinggi menerapkan sistem 5 hari kuliah dengan jam kuliah yang sesuai dengan jadwal mata kuliah masing-masing.

1 semester berapa?

Mengutip buku Matematika Kelas 4 SD , 1 semester sama seperti 6 bulan. Periode waktu ini biasa digunakan sebagai satuan waktu di tahun ajaran sekolah atau perkuliahan. Di sekolah, satu tahun ajaran dibagi menjadi 2 semester. Sementara di universitas, semester biasa menjadi satuan waktu kegiatan perkuliahan tersendiri.

Apa perbedaan antara sekolah dan kuliah?

Jika di sekolah kamu harus belajar semua hal, di kuliah kamu hanya perlu belajar hal-hal yang relevan dengan jurusan pilihan kamu. Sehingga, apa yang dipelajari pun akan lebih spesifik sesuai dengan minat. Dengan begini, proses belajar pastinya akan lebih menyenangkan dan mudah ditangkap.

Lihat Lebih Banyak
Back to top button

Adblock Detected

Maaf, kami mendeteksi Adblock dari browser anda. Untuk mengoptimalkan pengalaman anda membaca dan mengeksplorasi konten kami, harap matikan fitur Adblock dari browser anda. Terimakasih. Salam, Tim Buah Pendidikan